-->

Membuat Resep Spaghetti Ayam Puttanesca


 Bogasari


Italia selalu menjadi negara yang terkenal akan kulinernya. Ciri khas dari kuliner Italia adalah “makanan yang dibuat dengan hati yang senang dan penuh semangat”. Kita menemukan jenis makanan yang merupakan gabungan dari begitu banyak bahan segar, bumbu yang bervariasi, dan membuat yang mencicipinya juga merasa senang.

Salah satu jenis kuliner khas Italia yang mencerminkan semangat ini adalah Saus Puttanesca. Saus Puttanesca ini dapat divariasikan dengan berbagai jenis pasta, misalnya spaghetti, juga daging, sebagai sumber protein hewani. Ciri khas Puttanesca ini adalah citarasa kombinasi bawang putih, ikan anchovy/hering, zaitun segar, dan bubuk cabai. Paduan ini menciptakan rasa yang tajam dan menyegarkan. Dibandingkan saus lainnya seperti Bolognese yang terbuat dari tomat sebagai bahan utama, saus Puttanesca merupakan gabungan dari bahan-bahan yang berlawanan: ikan anchovy dan zaitun memberi rasa asin, sedangkan tomat memiliki rasa manis. Gabungan keduanya memberikan warna dan tekstur yang kontras namun dijamin akan membuat Anda meneteskan liur.

Tertarik untuk mencoba membuat Resep Spaghetti Ayam Puttanesca dan merasakan semangatnya? Yuk intip resep yang telah kami sajikan di bawah ini!
Resep Spaghetti Ayam Puttanesca

Waktu persiapan
30 minit
Waktu memasak
30 minit
Waktu total
1 jam

Macam resep: Main
Cuisine: Italia
Saran penyajian: 4
Bahan-bahan
12 ons daging ayam bagian paha/dada tanpa tulang
1 ½ tomat kalengan, potong-potong
100 ml dry red wine atau kaldu ayam
2 sdm pasta tomat
2 sdm cuka balsamic atau cuka anggur merah
1 sdm tepung maizena
1 sdt garam
¼ sdt merica
1 sdt minyak
2 siung bawang putih, cincang
8 ons jamur segar, potong jadi 4 bagian
1 bawang merah nesar, cincang
12 buah zaitun, buang bijinya, belah dua
3 buah fillet ikan anchovy/hering/teri, potong-potong seusai kebutuhan
3 sdm parsley cincang
8 ons spaghetti, masak dan tiriskan
Daun parsley tambahan bersama tangkainya (opsional)

Cara membuat

  1. Potong ayam menjadi berbentuk strip.
  2. Membuat saus: aduk tomat beserta cairannya, tambahkan kaldu atau anggur, pasta tomat, cuka, tepung maizena, garam da merica. Sisihkan.
  3. Panaskan minyak di atas wajan berukuran besar. Tumis bawang putih semalama 15 detik, tambahkan jamur dan bawang merah/bombay, masak selama 2 menit atau hingga bawang layu. Sisihkan campuran jamur di wadah lain.
  4. Masukkan ayam di wajan, masak selama 3 menit hingga matang. Dorong ayam ke bagian pinggir wajan, tuangkan saus di bagian tengah wajan. Aduk rata hingga mengental dan mendidih. Masukkan kembali campuran jamur, tambahkan zaitun, ikan anchovy (jika suka), dan parsley. Aduk rata selama 2 menit.
  5. Sajikan di atas spaghetti matang, taburi daun parsley segar.
Source : http://www.bogasari.com/

Disqus Comments

Advertisement