-->

Rahasia Agar Aneka Kue Kering yang Anda Buat Tetap Renyah dan Lebih Tahan Lama


Seperti kita ketahui, kue kering adalah kue dengan tekstur renyah dan keras. Membuatnya dengan cara dioven sehingga kadar airnya sedikit. Kue kering sebenarnya memiliki ketahanan yang terbilang lama. Sehingga Anda bisa menyetok beberapa aneka kue kering untuk suguhan tamu ataupun hari besar nanti. Kue kering merupakan cemilan yang banyak. Kue kering muncul karena kejenuhan para produsen makanan melihat pasar menginginkan produk makanan ringan yang berbeda. Akhirnya pun banyak kreasi kue kering yang ramai dijual dipasaran. Kue kering dapat dibuat dengan tepung sagu, tepung terigu, tepung ketan, maupun tepung beras. Namun saat ini banyak ibu yang lebih memilih membuat sendiri kue kering sesuai selera mereka. Dan juga karena alasan agar lebih tahan lama.

Ini dia rahasia agar aneka kue kering buatan Anda nanti lebih tahan lama. Yang pertama yaitu gunakan margarin sesuai dengan takaran pada resep supaya kue nantinya tidak berminyak. Sehingga setelah jadi hasil kue benar-benar kering. Dan siap disimpan dalam wadah tertutup rapat dalam waktu lama. Fungsi margarin yaitu sebagai pelembut pada kue. Dengan margarin kue juga akan beraroma harum. Selain itu sebaiknya Anda menggunakan tepung terigu yang berkualitas termasuk tidak ada kutu dan tidak menggumpal.

Untuk membuat kue dengan menggunakan isian, sebaiknya Anda juga membeli selai atau isian yang baik kondisinya. Saat pengolahan pun pastikan bahwa isian matang sempurna supaya tidak menjadi basi dikemudian hari. Ketika kue sudah matang, segera angkat kue kemudian letakkan pada kertas tisu untuk menyerap minyak yang ada saat proses pengolahan. Ketika kue kering sudah matang, sebaiknya Anda tidak langsung memasukkan kue kering ke dalam wadah karena bisa membuat kue mudah berjamur. Sebaiknya Anda tunggu hingga uap panas hasil pengolahan hilang, lalu masukkan dan tata rapi dalam wadah. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam kue kering supaya lebih tahan lama:

  1. Peralatan yang digunakan untuk membuat kue kering adalah loyang khusus dengan dinding rendah.
  2. Pilih bahan-bahan yang berkualitas. Hindari membeli bahan asal murah namun kurang berkualitas karena hasilnya akan berpengaruh pada hasil akhir kue.
  3. Terigu yang digunakan sebaiknya terigu dengan protein rendah. Karena akan menghasilkan kue kering yang renyah dan tekstur yang tepat.
  4. Takaran harus selalu ditimbang dan tepat.
  5. Ikuti setiap langkah-langkah yang tertera pada resep.
  6. Pada saat akan mengaduk adonan, sebaiknya ayak semua bahan kering. Lalu masukkan secara perlahan.
  7. Hindari pengocokan gula dengan margarin atau mentega terlalu lama. Karena dapat menyebabkan lemak pada margarin atau mentega leleh sehingga kue nantinya akan melebar ketika dipanggang.
  8. Aduk adonan dengan kecepatan standar dan jangan terlalu kuat.

Ketika memanggang, perhatikan suhu dengan baik. Terkadang panas dalam oven tidak tersebar merata. Kue kering dipanggang dengan suhu rendah dalam waktu lama. Hal ini akan menghasilkan kue menjadi renyah. Membuat kue kering tidak semudah yang dibayangkan. Keseimbangan takaran dan bahan yang digunakan, termasuk juga minyak atau air yang kadang diperlukan sangat berpengaruh pada hasil akhir bentuk dan rasa kue kering tersebut.

Demikian rahasia agar aneka kue kering Anda dapat bertahan lama dengan kondisi baik didalam wadah. Anda dapat mencoba membuat kue kering sendiri sesuai kreasi Anda. Dengan membuat kue kering sendiri, Anda akan jauh memangkas budget belanja cemilan dan lebih berhemat. Anda pun dapat mengasah kemampuan untuk dapat menyajikan cemilan yang sehat, enak dan menjadi favorit keluarga Anda.

Disqus Comments

Advertisement